Jenis Ikan Yang Banyak Mengandung Omega 3

Ikan Yang Banyak Mengandung Omega 3

Ikan salmon sejauh ini sering menjadi satu diantara referensi makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi.

Meskipun salmon mempunyai omega 3 tinggi, tetapi tipe ikan ini tidak ada di beberapa tempat. Disamping itu, harga salmon relatif tidak dapat dijangkau semua kalangan.

Tetapi, Anda tidak boleh cemas. Ada banyak tipe ikan dapat dijangkau dan termasuk makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi.

Tipe ikan yang terhitung makanan memiliki kandungan omega 3

Pakar nutrisi Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum. menerangkan, makanan yang memiliki kandungan omega 3 tidak hanya didominansi ikan laut seperti salmon, haring, atau tuna.

“Banyak ikan laut lokal yang tidak kalah karisma dan kandungan omega 3-nya cukup tinggi. Harga dapat dijangkau,” terang Tan, saat dikontak Kompas.com, Rabu (20/1/2121).

Tan menyebutkan beberapa macam ikan dengan kelompok makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi diantaranya:

Tipe Ikan yang Terhitung Makanan Memiliki kandungan Omega 3 Tinggi, Selainnya Salmon Makanan yang memiliki kandungan omega 3 tidak hanya didominansi ikan salmon, haring, atau tuna. Beberapa macam ikan laut lokal kaya omega 3.

– Ikan kembung per 100 g memiliki kandungan 2,2 gr omega 3
– Ikan tuna per 100 g memiliki kandungan 2,1 gr omega 3
– Ikan salmon per 100 g memiliki kandungan 1,6 gr omega 3
– Ikan tongkol per 100 g memiliki kandungan 1,5 gr omega 3
– Ikan teri per 100 g memiliki kandungan 1,4 gr omega 3

“Ikan kembung, tongkol, dan teri kandungan omega 3-nya tidak kalah berkompetisi dari salmon,” terang dia.

Selainnya beberapa macam ikan di atas, ikan laut yang memiliki kandungan omega 3 yang lain yaitu ikan kaneke, kerapu (sunu), titang, sukang, papakulu, dan kudu-kudu.

Faedah omega 3 dan keperluan setiap hari

Ikan makarel, salah satunya ikan kaya omega-3 berguna untuk menaikan suasana hati Omega 3 ialah tipe asam lemak fundamental yang perlu untuk kesehatan.

Dikutip dari Healthline, deretan faedah omega 3 diantaranya:

– Menantang stres dan kekhawatiran
– Tingkatkan kesehatan mata
– Mengangkat kesehatan otak dan tumbuh berkembang bayi
– Turunkan resiko stroke dan jantung
– Kurangi tanda-tanda sindrom metabolik
– Menantang penyakit autoimun
– Menahan penyakit alzheimer
– Menolong menahan kanker
– Menahan asma
– Mempertahankan kesehatan tulang dan persendian
– Tingkatkan kualitas tidur
– Mempertahankan kesehatan kulit

Dengan deretan faedah omega 3 untuk kesehatan, Anda dianjurkan untuk memenuhi keperluan zat nutrisi ini. Keperluan omega 3 setiap hari tiap orang dapat berbeda, bergantung keadaan badan.

Merilis Harvard Health Publishing, orang sehat tanpa masalah kesehatan rerata dianjurkan konsumsi 1.000 miligram omega 3 setiap hari.

Sedang menurut Organisasi Kesehatan Dunia, ibu hamil dianjurkan konsumsi sampai tiga gr omega 3 setiap hari.

Tanyakan sama dokter berkaitan keperluan omega 3 harian, terutama bila Anda menderita penyakit tertentu.

Langkah memenuhi keperluan omega 3

Gizi omega 3 bisa disanggupi dari makanan memiliki kandungan omega 3 atau suplemen.

Tetapi, beberapa pakar lebih merekomendasikan supaya tiap orang rajin konsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi, seperti sejumlah tipe ikan di atas.

Konsumsi suplemen omega 3 jangan asal-asalan dan perlu pemantauan dokter.

Masalahnya suplemen ini mempunyai efek sampai memacu pendarahan jika diminum bersama dengan beberapa obat.

Untuk menuai faedah omega 3 yang maksimal untuk kesehatan, Anda dianjurkan makan konsumsi yang memiliki kandungan omega 3 dengan ukuran yang pas.

Sebagai deskripsi, keperluan omega 3 sekitar 2,7 gr setiap hari sama dengan makan ikan sekitar 300 gram.

Tentukan tipe ikan yang tidak terkontaminasi logam berat dan diperbudidayakan tanpa antibiotik. Ikan fresh lebih dianjurkan daripada ikan beku atau ikan yang telah diawetkan.

Hal yang tidak kalah penting, langkah mengolah ikan perlu diperhatian. Dokter Tan membagi strategi mengolah ikan supaya kandungan nutrisi penting terhitung omega 3-nya masih tetap terjaga.

“Kekeliruan makan ikan itu langkah masaknya dimasak. Asam lemak omega 3-nya yang bagus untuk kesehatan menjadi lemak jahat trans fat,” papar dia.

Tan merekomendasikan, untuk jaga kandungan omega 3 dalam ikan, bahan makanan ini bagusnya diproses dengan beberapa style kulineran ciri khas Nusantara.

“Tidak boleh dimasak. Opsinya dapat dibikin pepes, arsik, pangek, woku, kuah asam, atau dibakar tetapi dibuntel daun,” pesan dia.

 

 

Tinggalkan komentar