Cara membuat PikselArt yang mengagumkan untuk game dan aplikasi Anda

Bagaimana Anda memulai dengan seni piksel? Untungnya, seni piksel adalah salah satu kesempatan langka di mana ia benar-benar sesederhana kelihatannya. Ini adalah seni, terbuat dari piksel…

Pixel art memiliki daya tarik retro tertentu yang mengingatkan kembali ke era konsol 8, 16 dan 32 bit. Namun hari ini, ini lebih mungkin ditemukan di sejumlah game indie dan seluler dan saat ini sedang menikmati kebangkitan.

Ini adalah cara yang fantastis untuk mengatasi keterbatasan teknologi yang datang dari menjadi pengembang independen dan dari perangkat keras seluler.

Dengan cara ini, Anda dapat membuat lebih sedikit pekerjaan untuk diri sendiri dan mengecilkan ukuran file Anda – tetapi alih-alih terlihat murah, itu akan terlihat seperti pilihan gaya yang disengaja.

Tambahkan beberapa musik chiptune dan palet warna yang unik dan Anda memiliki estetika hebat yang akan menarik perhatian di Play Store.

Daya tarik lain dari seni piksel adalah bagaimana ia menantang Anda untuk bekerja dalam keterbatasannya.

Karena gambarnya sangat kecil, itu memaksa pendekatan yang agak impresionistik. Bagaimana Anda bisa membuat satu atau dua piksel langsung dikenali sebagai senyum karismatik, atau belati yang mencuat dari lawan?

Di sinilah letak seni sebenarnya dari formatnya dan itulah mengapa beberapa pencapaian dalam game seperti Superbrothers: Sword & Sworcery, atau Hyper Light Drifter yang lebih baru,  sangat mengesankan.

Bagaimana cara memulai?

Dengan semua itu dalam pikiran, Anda dapat memutuskan bahwa seni piksel akan menjadi arah yang baik untuk proyek Anda sendiri.

Dalam hal ini, bagaimana Anda memulai? Untungnya, seni piksel adalah salah satu kesempatan langka di mana ia benar-benar sesederhana kelihatannya. Ini adalah seni, terbuat dari piksel…

Untuk memulai, Anda hanya perlu memilih program menggambar pilihan Anda. Saya menggunakan GIMP karena gratis tetapi Anda dapat dengan mudah menggunakan Photoshop atau bahkan MS Paint.

Yang mengatakan, saya akan merekomendasikan pergi dengan sesuatu yang sedikit lebih kompleks daripada MS Paint, karena dapat berguna memiliki akses ke fitur seperti lapisan dan transparansi (seperti yang akan kita lihat nanti).

Ada beberapa program seni piksel khusus yang tersedia yang dapat Anda gunakan juga, tetapi ini umumnya tidak diperlukan. Namun, Aseprite adalah salah satu pilihan yang bagus.

Apa pun pilihan perangkat lunak Anda, Anda kemudian akan memilih alat pensil dan memastikan bahwa itu diatur untuk menggambar dalam piksel tunggal dengan opacity 100%.

Sekarang perbesar gambar Anda ke titik di mana Anda dapat melihat dengan jelas piksel persegi saat Anda menggambar. Ini benar-benar sederhana!

Sekarang Anda dapat mulai menggambar dengan tangan bebas atau menempatkan setiap piksel satu per satu.

Perhatikan bahwa ketika menggambar hal-hal seperti lingkaran, perlu beberapa pertimbangan untuk melihat pola piksel Anda (dua ke atas, satu melintang, tiga ke atas satu melintang, empat ke atas satu melintang, dll.)

karena ini menciptakan tampilan yang lebih konsisten dan terkontrol gambar. Kabar baiknya adalah sangat mudah untuk membatalkan kesalahan yang mungkin Anda buat, jadi tidak ada alasan untuk tidak bereksperimen.

Apa yang akan Anda dapatkan adalah garis besar dasar untuk apa pun yang Anda coba gambar dalam piksel kotak-kotak. Jangan khawatir tentang menambahkan banyak detail sampai nanti – pertama-tama bereksperimenlah dengan mendapatkan bentuk dan proporsi yang benar.

Ini adalah bagian tersulit dengan banyak karakter pada khususnya.

Saya suka menggunakan garis besar untuk gambar saya tetapi banyak orang tidak peduli dengan itu dan akan menggambar dalam warna blok.

Lakukan apa yang berhasil untuk Anda tetapi perhatikan bahwa ada pro dan kontra untuk setiap metode; garis luar membuatnya lebih mudah untuk membedakan detail tetapi mereka dapat menghalangi saat gambar Anda menjadi lebih kecil dan piksel mulai menjadi langka!

Menambahkan detail dan bayangan

Setelah Anda puas dengan garis besar atau siluet Anda, Anda kemudian dapat menambahkan detail individu sampai Anda memiliki gambaran yang lengkap.

Semakin banyak detail yang Anda tambahkan, karakter Anda akan terlihat semakin mengesankan. Namun pada saat yang sama, Anda harus menghindari membuat gambar Anda terlihat terlalu sempit.

Penting untuk memulai dengan garis besar dengan ukuran yang tepat – dan ingat bahwa objek lain di dunia game Anda juga harus relatif.

Sekarang Anda memiliki detail Anda, cukup tambahkan warna apa pun yang ingin Anda gunakan menggunakan alat isian.

Ini bisa terlihat agak datar untuk memulai, jadi kemungkinan besar Anda ingin menambahkan beberapa jenis pencahayaan setelah itu.

Untuk melakukan ini, cukup bayangkan sumber pencahayaan untuk karakter Anda dan kemudian pilih dua atau lebih nada tambahan untuk ditambahkan ke palet warna Anda.

Anda membutuhkan setidaknya satu untuk bayangan dan satu untuk sorotan. Pastikan bahwa semua bayangan muncul di sisi yang sama dan pikirkan tentang kontur yang secara alami akan dibuat oleh bentuk yang Anda gambar jika itu tiga dimensi.

Saya menggunakan banyak bayangan di satu sisi dan kemudian hanya seberkas cahaya tipis di sisi lain untuk menunjukkan sorotan, tetapi sekali lagi, kuncinya adalah bereksperimen dan melihat apa yang cocok untuk gaya pribadi Anda.

Ingatlah bahwa Anda menggambar karakter dan objek untuk permainan. Ini berarti Anda perlu memikirkan sumber cahaya Anda dengan hati-hati.

Jika Anda membuat efek bayangan yang sangat jelas di tangan kanan sprite Anda, ini bisa terlihat aneh dalam beberapa konteks – terutama jika Anda membalik sprite Anda ketika mereka berjalan ke arah yang berlawanan!

Ingatlah hal ini saat membuat gambar Anda dan pertimbangkan untuk membuat pencahayaan Anda lebih halus atau mentransmisikannya dari atas.

Mengekspor gambar Anda

Setelah Anda siap untuk pergi, Anda dapat menyimpan dan mengekspor gambar Anda. Tentu saja kita perlu berhati-hati pada saat ini karena gambarnya akan sangat kecil . Ada juga beberapa hal lain yang perlu diingat jika Anda akan menggunakan karya seni Anda dalam permainan Anda.

Pertama, pastikan Anda melakukan autocrop gambar Anda sehingga tidak ada ruang putih di sekitar tepinya.

Ini akan berguna untuk deteksi tabrakan Anda dan juga akan membantu Anda untuk menghindari membuat gambar Anda terlalu besar.

Yang mengatakan, Anda mungkin ingin membuat ‘sprite sheet’ sebagai gantinya, yang berarti Anda akan menambahkan setiap frame animasi ke satu file. Ini membuat ukuran file total lebih kecil dan membuat semuanya mudah diatur.

Dalam hal ini, cropping kurang penting karena Anda akan melakukannya nanti di IDE pilihan Anda.

Anda juga perlu memastikan bahwa latar belakangnya transparan sehingga Anda memiliki karakter yang bergerak di sekitar dunia game Anda alih-alih kotak putih besar dengan karakter yang digambar di atasnya.

Di Gimp, Anda melakukan ini dengan memilih ‘Layer’ dari menu, lalu ‘Transparency’ dan ‘Add Alpha Channel’. Dari sana, Anda dapat menghapus latar belakang putih sehingga gambar Anda melayang di atas ketiadaan.

Saat mengekspor gambar, Anda dapat melakukannya pada ukuran file sebenarnya jika tujuan Anda adalah menggunakannya dalam game.

Di Unity, Anda dapat memilih ‘Pixels Per Unit’ untuk setiap sprite individu dan dengan begitu, Anda dapat dengan mudah meledakkan gambar Anda sebesar yang Anda suka sambil juga memanfaatkan ukuran file yang kecil.

Sebaliknya, jika Anda berharap untuk membagikan gambar Anda secara online, maka Anda ingin gambar tersebut tampak lebih besar.

Jadi buka ‘Gambar’ lalu ‘Ukuran Gambar’ dan tambah ukurannya. Pastikan Anda telah mematikan ‘interpolasi’ atau memilih ‘melestarikan tepi keras’ (tergantung pada perangkat lunak Anda). Jika tidak, gambar akan tampak buram.

Tinggalkan komentar