5 Faedah Ikan Sarden Untuk Tubuh Kita

Ikan sarden mempunyai beberapa faedah untuk kesehatan. Walau karismanya tidak sebesar salmon, tetapi faedah yang dipunyai sarden sebetulnya tidak kalah.

Beberapa pakar diet bahkan juga merekomendasikan untuk makan semakin banyak sarden.

Berikut 5 argumen ikan sarden bagus untuk kesehatan, menurut pakar diet.

  1. Sumber omega-3 yang baik sekali

Menurut Harvard Health Publishing, dari sisi rasanya yang sedap, orang menyenangi salmon karena asam lemak omega-3 EPA dan DHA – alias lemak tidak jemu yang mempunyai karakter anti-peradangan, kandungan trigliserida yang lebih rendah dan mempertahankan kesehatan jantung Anda.

Tetapi, menurut pakar diet yang penulis Read It Before You Eat It: Taking You from Cap to Table, Bonnie Taub-Dix, sarden sumber omega-3 yang lain benar-benar disepelekan dan baik.

Berdasar Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), seekor sarden bisa memiliki kandungan 64 % keperluan konsumsi omega-3 yang cukup dalam sehari.

  1. Tinggi kandungan vitamin B12

Menurut Taub-dix, sarden juga tinggi vitamin B12. Satu kaleng saja sediakan sekitaran 555 % dari Daily Values (DV) atau keperluan harian Anda, berdasar referensi USDA.

Menurut National Institutes of Health (NIH), vitamin B12 mainkan peranan besar dalam jaga peranan saraf badan dan pembangunan sel darah merah. Ini menolong badan Anda merusak dan mempernyerap lemak serta protein dalam badan.

  1. Kandungan kalsium tinggi pada tulang

Seperti dikutip dari LiveStrong, ada beberapa kandungan kalsium dalam tulang sarden. Yakin atau mungkin tidak, tulang sarden betul-betul dapat dikonsumsi, itu penyebabnya ikan ini sebagai pembangkit tenaga kalsium.

Satu kaleng sarden akan mengepak sekitaran 44 % dari DV kalsium Anda, sedang jatah salmon yang serupa cuman sediakan 1 % dari DV, karena Anda tidak dapat makan tulang salmon.

  1. Rendah kandungan merkuri

Anda barangkali sempat dengar mengenai bahaya merkuri untuk kesehatan. Merkuri ialah senyawa beracun yang tertancap dalam rantai makanan ikan.

Sarden biasanya lebih rendah merkuri dibanding salmon, yang disebut argumen baik untuk mengganti beberapa salmon Anda dengan alternative ini.

Dibanding dengan semua makanan laut, sarden sebetulnya memiliki kandungan beberapa tingkat merkuri paling rendah dengan sekitaran 0,013 sisi per juta (ppm) merkuri, menurut tubuh pangan AS (FDA). Sebagai perbedaan, salmon mempunyai sekitaran 0,022 ppm.

“FDA mereferensikan untuk konsumsi tidak lebih dari 0,46 ppm merkuri /minggu,” kata Jim White, pakar diet dan specialist kesehatan kesehatan ACSM.

“Oleh karenanya, aman untuk makan sekitaran 32 kaleng sarden saat sebelum mengakumulasi toksin merkuri pada tubuh Anda.”

  1. Kaya protein

Ikan dibungkus dengan protein dan sarden tidak terkecuali. Satu kaleng sarden mempunyai nyaris 23 gr protein, jadi Anda dapat memercayakan ikan kecil ini untuk menolong penuhi keperluan protein harian Anda.

Lepas dari beberapa kandungan itu, salah satunya hal terbaik mengenai sarden ialah harga lebih murah dibanding salmon.

Disamping itu, sarden kalengan bisa ditaruh di rack, yang memiliki arti Anda bisa simpan tak perlu selekasnya makan semuanya. Tetapi, Taub-Dix merekomendasikan supaya saat Anda beli sarden, lihat kandungan natriumnya.

 

 

Tinggalkan komentar